Profil Kelas Inspirasi

Indonesia Mengajar merupakan gerakan sosial di bidang pendidikan yang melibatkan sarjana-sarjana terbaik Indonesia untuk kemudian disebar ke pelosok negeri. Mereka disebar untuk mengajar, mendidik, menginspirasi, serta aktif dalam pengembangan atau peningkatan kualitas pendidikan Indonesia. Gerakan Indonesia Mengajar aktif berkontribusi terhitung sejak tahun 2010.

Misi dari gerakan Indonesia Mengajar sendiri yakni mengajak berbagai pihak termasuk masyarakat umum untuk ikut berpartisipasi dalam mengembangkan potensi unggul mereka demi kemajuan pendidikan Indonesia. Salah satu bentuk kegiatan Indonesia Mengajar adalah Kelas Inspirasi.

Kelas Inspirasi adalah sekumpulan para pekerja profesional yang terjun langsung ke Sekolah Dasar (SD) di berbagai daerah selama sehari dan kemudian mereka disebut relawan pengajar atau inspirator. Relawan pengajar mendapat tugas untuk berbagi pengalaman kerja, cerita, dan motivasi mencapai cita-cita kepada para siswa. Tugas ini yang nantinya akan  membuat para siswa memiliki pondasi keyakinan dan kepercayaan diri untuk berangan sebebas mungkin tentang cita-citanya. Kelas Inspirasi pertama kali diadakan pada tanggal 25 april 2012.

Tujuan Kelas Inspirasi terbagi menjadi dua, yaitu untuk relawan dan siswa. Adapun tujuan Kelas Inspirasi untuk relawan, yaitu memberikan waktu dan sarana untuk mendapatkan pengalaman mengajar di depan kelas, sebagai salah satu kontribusi para relawan terhadap pengembangan kualitas pendidikan bangsa, membangun interaksi antar relawan dengan siswa dan pihak sekolah, serta membuat pikiran relawan menjadi terbuka, memahami perbedaan, berempat, dan membentuk kepribadian lebih baik. Hal ini dikarenakan bahwa bahagia itu bukan hanya soal uang, tetapi bagaimana rasa bahagia bisa berguna untuk lingkungan sekitar dan negeri. Tujuan Kelas Inspirasi untuk siswa, yaitu memperluas wawasan dan inspirasi tentang cita-cita agar termotivasi untuk terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, menanamkan empat nilai moral positif utama ( kejujuran,kerja keras, pantang menyerah dan kemandirian), serta menyadarkan pentingnya sikap menghormati orang tua dan guru.

7 SIKAP DASAR KELAS INSPIRASI

Menyaksikan kerja keras dan perjuangan para pegiat Kelas Inspirasi serta para guru dan kepala sekolah yang terlibat di dalamnya sampai saat ini,  maka dapat dirumuskan pelajaran tentang seperti apa sikap dasar terbaik agar seluruh kegiatan berjalan lancar dan (yang utama) tujuan KI dapat tercapai. Ada 7 sikap yang selalu terlihat di antara mereka dan diharapkan ada pada diri anda jika ingin terlibat sebagai pegiat Kelas Inspirasi, yaitu:

  1. Sukarela. Semua pihak yang terlibat mengikuti kegiatan ini dengan penuh kerelaan hati. Mereka terlibat tanpa paksaan, baik sekolah maupun relawan/pegiatnya.
  2. Bebas kepentingan. Kegiatan ini bebas dari relasi dengan institusi perusahaan/lembaga tempat pegiat bekerja, relasi dengan motif pemasaran perusahaan dan berbagai kepentingan nonpendidikan yang tidak relevan. Satu-satunya kepentingan yang ada adalah demi masa depan anak-anak Indonesia.
  3. Tanpa biaya. Tidak ada biaya, baik yang dipungut dari relawan, sekolah atau siapapun. Tidak juga melibatkan pendanaan dari perusahaan atau lembaga lain. Satu-satunya pendanaan yang mungkin hanyalah iuran dari relawan/pegiat.
  4. Siap belajar. Bersikap terbuka dan saling belajar, baik sekolah, pegiat/relawan dan semua pihak yang terlibat. Relawan terbuka belajar khususnya bagaimana mengajar di depan kelas, sekolah juga terbuka dengan masukan dari relawan khususnya tentang penyelenggaraan KI.
  5. Ambil bagian langsung. Para pegiat dan juga pihak sekolah selalu siap turun tangan langsung, fokus pada aksi dan dampak bagi siswa dan kemajuan sekolah. Kesiapan turun tangan juga dibuktikan dengan siap mengambil cuti pada hari H dan siap untuk berkorban menyiapkan berbagai hal sebelum hari H.
  6. Siap bersilaturahmi. Terbuka untuk membangun silaturahmi, baik relawan maupun sekolah. Relawan dan sekolah terbuka, saling rendah hati dan tulus untuk terus menjalin silaturahmi demi kemajuan sekolah dan pendidikan bersama.
  7. Tulus. Semua pihak percaya bahwa ini bukan tentang diri relawan, bukan tentang para pengurus sekolah tetapi demi anak-anak Indonesia yang akan lebih percaya diri dan siap berjuang menyongsong cita-cita mereka.

Relawan pada Kelas Inspirasi terbagi menjadi dua yaitu relawan pengajar (inpirator) dan dokumentator (fotografer dan videografer).

Adapun syarat untuk bergabung menjadi relawan pengajar (inspirator) sebagai berikut :

  • Pengalaman kerja minimal 2 tahun.
  • Bersedia cuti pada hari inspirasi.
  • Bersedia hadir pada saat briefing dan refleksi (evaluasi).

Syarat untuk menjadi dokumentator yaitu :

  • Bersedia cuti pada hari inspirasi.
  • Bersedia hadir pada saat briefing dan refleksi (evaluasi).
  • Menyediakan/memiliki peralatan masing-masing.